Rabu, 02 Maret 2011

Renno dan Fifi, sebuah cinta yang dilematis

Kisah cinta antar sepasang remaja adalah suatu hal yang biasa. Contohnya Fifi, seorang gadis desa, yang baru saja mendapatkan gelar sarjana setelah 6 tahun kuliah ini, jatuh hati pada seorang pemuda yang bernama Renno, pemuda tampan dari negeri seberang. Cerita biasa.



Tetapi menjadi tidak biasa manakala mereka adalah saudara sepupu yang berasal dari kakek - nenek yang sama.

Mereka merasa sangat cocok satu sama lain dan merasa takkan terpisahkan. Suara-suara Ninik Mamak yang menasihatinya tak membuat cinta mereka luntur.

Walaupun Renno jauh di Pulau Kalimantan karena tugas kerjanya, dan Fifi di Ciputat, sebuah tempat diujung selatan Jakarta, setiap hari mereka berbicara dan berdiskusi, dari masalah remeh temeh seperti sudah mandi atau belum, sampai hal-hal yang serius seperti masalah pernikahan mereka yang tak kunjung diizinkan.

Baik Ibu Mamah, bundanya Fifi, ataupun Ibu Neneng, ibunya Renno merasa sangat aneh dengan hubungan mereka.

“Nanaonan daria!”

”Piraku rek wawarangan jeung dulur ieu kami?” kata orang Menes.

Trus kata orang Seberang, “Idaklah... idak elok”

Maka mereka pun berusaha membuka dialog terbuka, yang tentu saja tujuannya untuk mencegah hubungan mereka, tapi tidak ada hasil. Semakin hari perasaan mereka semakin mendalam saja.

Pernah suatu kali Ibu Mamah berbicara pada Renno melalui telepon, menyarankan Renno agar mengkaji ulang persekutuan mereka, tetapi Renno, dengan kritis bertanya,

“kenapa tidak boleh,wa?”

“Apakah ada larangannya dalam Alquran dan Hadits?”

Dijawab oleh uwaknya

“He.. duka eta nyah... Uwa teu patos terang”

“Nah, kalau begitu kenapa wa? Renno lihat di Padang dan di Medan banyak orang yang menikah dengan sepupu?!”

“Atuh urang mah lain urang Padang dan Medan” kata uwak asal jawab
Lalu terhentilah percakapan mereka. Menggantung.

Jarak yang jauh tadi tidak membuat mereka kesulitan dalam berkomunikasi. Dengan Facebook, mereka bisa chatting dan saling mengomentari isi hati atau foto masing-masing. Dengan email,mereka bisa saling tulis curhatan atau topik yang menarik. Belum lagi dengan handphone, tak terhitung berapa kali dalam sehari Fifi ataupun Renno ber-sms dan bicara.

Jadi, apapaun warning dari Ibu Mamah-Bapak Eman dan Ibu Neneng-Bapak Rizal, tidak dapat membendung hubungan mereka, karena jauh atau dekat dari mereka, perangkat-perangkat tadi ada di mana-mana.

Lebih dari itu, Fifi bukanlah tipe gadis pingitan yang manut tanpa reserve pada orang tua. Dia adalah gadis modern yang logis, yang akan bertanya kenapa ini boleh dan itu tidak.



Ia juga orang yang punya “harga diri” tinggi, tidak akan pernah mau mencuci piring atau menyapu kalau kedua pekerjaan itu disuruh kerjakan olehnya. Ia hanya akan mencuci piring kalau dia mau melakukannya, dan itu sangat jarang.

Ia adalah perempuan yang tidak akan pernah cocok jika bermertuakan orang Jogja tentunya, karena bisa saja akan berkata pada ibunda suaminya,
“Ibu, kok hari ini tidak masak? Saya lapar nih!”

Tapi ia sangat helpful dan siap membantu orang lain kapanpun diperlukan, asalkan dia lagi mood, lagi sempat dan sedang tidak pilek,

“Hhhaa-‘eh! Huchuwaccih!”

Kasihan Renno dan Fifi, semakin hari usia mereka semakin bertambah, dan mereka belum mengantongi izin dari orang tuanya. Banyak gadis yang mendekati Renno karena ia ngganteng dan ramah. Tapi Cinta Renno cuma buat Fifi. Begitupula sebaliknya, Kumbang-kumbangpun banyak yang mencoba mendekati Fifi, mulai dari bujang lapuk dari Ciupas Pagelaran, sampai pemuda Jawa Perlente yang ditawarkan Mbah Paryono padanya.

Tapi Cinta Fifi cuma buat Renno.

Tolonglah pembaca, saya jadi pusing.

- Ciputat, Awal Maret 2011 -

23 komentar:

Renno Yose Rizal mengatakan...

yes i luv her...^^
and becomeing so bLind

Renno Yose Rizal mengatakan...

like this note

e-ndoh mengatakan...

thanks a for your comments, i really love you and fifi, that's why i expose this in my blog. I hope there is some solution from the readers.

e-ndoh mengatakan...

sebaiknya...dicegah karena secara etika tidak enak di lihat dan di dengar....waduh sayang bgt ya....kalau melihat sosok Fifi....itu...cuantiiiik, n begitu juga Reno...kaya ga da orang lain aja hehehe... ( bu Tami SD Harapan IBu)

eenk mengatakan...

kalo aku koment n kasih beberapa pandangan, ngaruh ga n di denger ga???? -teh neng-

e-ndoh mengatakan...

pastilah teh, dikau kan orang pertama tempat dia curhat

eenk mengatakan...

ini pesan buat fifi dari teh eneng & bang eenk:
Untuk sekarang ini fifi tolong fokus dulu ke karier. Cari kerja untuk menambah pengalaman hidup (yah walaupun fifi juga dah kerja tapi beda kan ruang lingkupnya)..
Jangan khawatirkan umur,,toh fifi adalah gadis yang sudah berfikiran modern kan. Nantmi juga waktu akan menjawab dan mudah2n waktu akan membuka perspektif fifi tentang makna hidup.
(Tolong dipertimbangkan).

e-ndoh mengatakan...

bener teh, eta perjalanan waktu fifi dari detik ke detik perlu diramaikan lagi oleh dinamika berfikir yang lebih luas...

maksud bibi, wacana yang ada dalam pikiran fifi bukan terfokus pada satu hal saja.

Lebih modified gitu... ceuk bibi mah, atuh mending menghafal Alquran dari pada smsan wae, hehe... maaf ya teh, A...

eenk mengatakan...

bener tuh fi kata bibi...mang lo hidup dengan satu option doang????? bukan hanya cinta...masih banyak yang harus lo fikirin,,skripsi, karier,keluarga dan lain-lain....
-teh neng-

Unknown mengatakan...

tanaakahuu walaa tadhoowuu "nikahlah dan jangan melahirkan keturunan yang lemah" al hadits. pernikahan saudara dekat (sepupu) sekalipun dalam alqur'an tentang muharromatin nikah atau dalam hadits nabi tidak ada pelarangan sebaiknya dihindari. karena ada kejadian di Tasikmalaya Jawa Barat dimana pasangan suami isteri melahirkan keturunan, setelah anak-anaknya berumur 2,3 bahkan adayang sudah 4 th, semua mendadak lumpuh yang tidak bisa disembuhkan sekalipun bolak balik berobat ke RSHS Bandung dengan bantuan biaya pengobatan dari pemerintah daerah. Penyakit itu sering disebut dengan istilah TALASEMIA. di Mandailing Natal Sumatra Utara, pernikahan saudara sepupu merupakan suatu keharaman adat (diharamkan oleh hukum adat) mungkin istilah tepat di masyarakat sunda sering disebut PAMALI. meski cinta adalah kata yang terdiri dari lima huruf C,I,N,T,A (Cita-cita Indah Man Tiada Akhir)dan sarat makna lain, lebih lebih bagi yang sedang kasmaran, cinta bisa berjuta makna. Rasulullah saw menikahkan puterinya Fathimah azzahra dengan saudara sepupu Nabi saw (Ali bin Abi Thalib)yang melahirkan keturunan Hasan-Husen, peristiwanya terjadi sebelum hadits di atas muncul.

Dhona El Furqon mengatakan...

yang saya takutkan adalah pendapat abdurrahman. karena saya melihat dengan mata kepala sendiri pernikahan sepupu yang menghasilkan keturunan yang lemah... ini harus menjadi pertimbangan bagi fifi dan reno. ieu mah lain masalah fiqh deui(dalam fiqh sudah tidak ada masalah) tapi maslahna ilmu pengetahuan alam.... sebelum beranjak kepada hubungan yang sangat jauh, bijaknya, fifi maupun renno mendingan puasa dan sering shalat istikharah dan tidak berkomunikasi selama 1 bulan. ieumah carita kampung, lamun nikah jeung misan dalam perjalananna teu aya masalah lebih hade. lamun aya masalah jadina pajeujeut.

Renno Yose Rizal mengatakan...

thanks aLL

Renno Yose Rizal mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Renno Yose Rizal mengatakan...

Pengen komentar lagi disini nih
tapi mau ngomong apa ya . . .
mungkin yang paling tepat mohon Doa seluruh Saudara/i muslimin/muslimat agar Alloh memberikan nikmat tiada henti pada anak kami yg telah lahir tgl 16Okt lalu atas kehendakNya: Alya Latisha Aquina dengan normal, sehat & sempurna.
Agar ia menjadi anak yang sempurna Lahir batin dan bermanfaat bagi Agama, Bangsa, Negara hingga akhir hayatnya
amiin....

Unknown mengatakan...

mas renno gimana bisa dapet restu.. kurang lebih kasus saya mirip dengan kasus anda.. mohon bantuan dan sarannya

Unknown mengatakan...

Ceritanya sm sperti kisah sya..
Tp lebih rumit dn lebih sakit cerita sya..

Unknown mengatakan...

Saya juga mengalami, tapi saya tidak tau bagaimana agar mendapatkan restu dr kedua org tua kami.
Mohon bantuan tipsnya..
Semoga hbungan klian brdua ttap langgeng, dan memiliki anak yg hebat dan kuat..

Unknown mengatakan...

Selamat ya mas reno dan ba fifi akhir.ny perjuangan cinta kalian berbuah manis....

Unknown mengatakan...

Haaay, saya juga mengalaminya. Hanya kami menyadari utk tdk meneruskan. Hanya bisa saling sayang, memandang dari jauh, tdk mungkin bisa bersama.... Dan kami menyadari.... Kesakitan ini.... Huft
....sedih.... Kalo di ceritain mah sedih.... Kusimpan sendiri saja sedih.... Gitu deh....

Unknown mengatakan...

Ia gw juga ngalami tapi adik sepupu gw malah mundur kata nya rumit

Gakpernahpegel mengatakan...

Aku juga begitu kisah nya

Unknown mengatakan...

menikahi sepupu halal...jgn takut dengan keturunan...liat ustad khalid basalamah dia itu hasil dari pernikahan sepupu 1x...allah pasti akan memberikan yg terbaik...berapa banyak org yg menikah tanpa hubungan darah tp memiliki keturunan abnormal dan berapa banyak org menikah dengan sepupu namun anaknya baik baik sj dan bgmana pula bayi yg lahir normal tp dr hasil zina...bgmana medis menjelaskan ini..intinya normal atau tdknya anak tergantung dr pra mengandung-mengandung-melahirkan..makan makann bergizi hindari pemakaian obat yg dpt merusak janin..rokok..stres dll...ujungnya adalah doa dan kepasrahan kepada allah

Die_V mengatakan...

Kami, jg blm mdptkn restu...tp kami gk ingin menyerah. Krn rasa ini tdk kami dapatkan dari org lain.

Berharap crita bahagia ini bs sgera menular pada kami yg slalu sembunyi2 dlm menjalani ini...aamiin.