Minggu, 20 September 2015

Keong
Keong bergegas. Ini adalah perhelatan besar. Ia menyiapkan dirinya semaksimal mungkin.
Setelah organisasi bergengsi ini dipimpin Singa di tahun lalu, di rimba raya akan dipilih seorang pemimpin baru.
Sebagai satwa yang menyandang gelar abadi pelari terlambat seantereo jagat, Keong berangkat sesubuh mungkin. Ia tetap semangat. Toh kakek buyutnya dulu pernah memenangkan pertandingan lari melawan kelinci.
Di perjalanan, teman-temannya dari berbagai jenis hewan, besar kecil, karnivora ataupun herbivora, serangga maupun mamalia, melesat melewatinya dengan cara yang berbeda-beda.
Dengan gagah cheetah melewatinya dengan berlari kencang. "Dah Keooong.. aku duluan yaa.."
Burung gagak terbang sambil menari-nari diatasnya membentuk tarian meliuk liuk sambil menukik..
"Ayo semangat Keong.." katanya sambil melesat .
Capung lain lagi. Ia menunjukkan simpatinya dengan hinggap diatas cangkang Keong agar bisa berjalan bersamaan. Tapi lama-lama ia merasa bosan dan Keongpun menjadi tidak nyaman karena sesekali sayap si Capung menyentuh tentakelnya. Akhirnya ia berputar-putar diatas lalu menghilang mendahului.
Hampir saja ia terluka karena kaki jerapah menginjaknya saat ia hampir sampai. Untung ia tidak cedera.
Terdengar bunyi tetabuhan menyambut acara itu di padang rumput luas itu. Seluruh keluarga margasatwa hadir berbaris rapi. Pertunjukan demi pertunjukan mengawali perhelatan akbar tersebut.
Sampailah pada acara inti.
"Sodara-sodara.." kata Gajah ketua Majelis Penasehat, "Peristiwa ini sangat penting. Marilah kita merayakan pertemuan ini dengan rasa syukur.." Hadirin hening.
"Selanjutnya, kita akan menentukan pemimpin baru kita secara adil dan demokratis" Hadrin bertepuk tangan. Keong mendengarkan seluruh isi pidato sang ketua penasehat dengan khidmat. Lalu menggemalah tepuk tangan panjang.
Kemudian dari setiap kelompok warga diminta mengajukan seorang calon ketua.
Keong bermusyawarah dengan temannya sesama hewan bercangkang. Dengan kompak mereka memilih kura-kura untuk bakal calon dari jenis mereka.
Kelompok Serangga mengusulkan Grasshopper si belalang. Kelompok Amfibi mencalonkan Salamander si tubuh licin dan Kelompok Reptil mengutus Ular.
Setelah menyampaikan visi misinya, para bakal calon kembali ke tempat duduk.
Hadirin menanti dengan tegang. Siapa yang bakal memegang tampuk kepemimpinan.
Begitupula si Keong.
(Angkot Ciputat-Kebayoran, 10 Agustus 2015)
Bersambung

Tidak ada komentar: